Mini Guide:

How To Improve your EV Spread

 

Alola! Perkenalkan nama saya Fadli Putera, trainer asal Bandung. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya on how to optimize your EV. Tulisan ini dibuat mengingat masih banyak trainer yang belum paham mengenai mekanisme EV, sehingga terpatok dengan spread 252/252 atau memasukan random number untuk EV nya. Spread 252 bukan lah hal yg salah, trainer seperti Gavin Michaels memenangkansalah satu  Regional taun kmrn dgn team yg hampir seluruh nya menggunakan spread 252, namun terkadang spread 252 bukan lah pilihan yang optimal in most situation

 

Tulisan ini dibuat untuk kalian yang ingin mencoba membuat spread 252 atau membuat spread sendiri tanpa mencontoh spread orang lain yang mungkin tidak sesuai selera. Pada kesempatan kali ini saya hanya akan menjelas kan tentang mengoptimal kan EV. Saya tidak akan membahas hal EV lain nya seperti, apa itu EV, how to get perfect EV, EV untuk hidden power dan lain sebagai nya. Saya juga tidak akan menjelaskan distribusi EV yg ideal dengan perhitungan matematika. Sejati nya, untuk medapatkan nilai EV yg optimal dibutuhkan sedikit perhitungan  dan pemahaman matematika, namun saya tidak akan memasukan angka dan rumus karena akan mempersulit banyak pembaca untuk memahami optimalisasi EV. Maka dari itu judul dari tulisan ini adalah Mini Guide, karena saya hanya spesifik membahas optimizing EV per stat. Cara terbaik tanpa harus memiliki pemahaman matematika yg baik adalah dengan system trial dan error di damage calculator yg bisa anda akses di http://www.trainertower.com/damagecalc/

 

Saya akan membagi tulisan ini menjadi 3 bagian yaitu

  • Bulk : (HP defense, special defense)
  • Offense (Attack/Special Attack)
  • Speed

 

*Note: Tulisan ini dibuat tanpa ada maksud untuk menggurui. Penulis berharap dengan ada nya guide ini, para trainer tidak lagi “Menebak-nebak” EV yang akan di distribusikan kedalam stat

 

 

 

BULK

Bulk, atau daya tahan suatu pokemon teridiri dari 3 komponen (HP,defense, special defense). Ketiga komponen ini membutuhkan keselarasan agar tercapai bulk yang baik. Sya akan membahas komponen yang pertama terlebih dahulu yaitu hp. Hp atau hit points, adalah stat pada pokemon yang bilamana stat ini berada di angka 0 pokemon tersebut tidak dapat digunakan untuk battle. Hp harus dijaga agar tidak menyetuh angka 0. Karena penting nya Hp, banyak trainer yg mendistribusikan maximal EV kedalam Hp dengan tujuan memberi bulk dan best chance of survivability. Diatas kertas nothing can go wrong with 252 HP ,namun tidak semua pokemon membutuhkan 252 hp untuk survive attack dri counter nya. HP memiliki “aturan” tersendiri dibandingkan dengan stat lain.

Jika anda Ingin menggunakan Life Orb , maka total dari hp anda haruslah Ganjil

Hp yang ganjil ditujukan untuk mengurangi recoil dari life orb. Pokemon dengan hp yg ganjil akan menerima 9% recoil dri total hp anda, sementara hp yg genap recoil dri life orb menjadi 10%. While it may not look much, sometimes that 1% recoil can be the difference between life and death

Contoh: Bila anda ingin menggunakan 252/252 Life Orb tapu koko, maka jangan memberi sisa 4 EV di Hp. Karena 4 EV akan membuat HP tapu koko Genap

Jika anda ingin mengaktifkan berry dan memberikan recovery yang maksimal, maka total dari hp anda harus lah Genap

Contoh : 68 Hp akan memberikan HP stat yg genap pada Snorlax. Pada saat Snorlax dgn ability gluttony melakukan belly drum, maka snorlax akan memakan berry yg di equip kan dan snorlax akan kembali ke full health. Bila anda memberikan 252 hp pada snorlax, maka total hp snorlax akan menjadi ganjil dan tidak dapat mengaktifkan berry.

Full hp genap Snorlax belly drum -> Sisa hp 50% , berry aktif kembali ke full health

Full hp ganjil Snorlax  belly drum  -> Sisa hp 51%, berry tidak aktif

Ability Gluttony akan aktif ketika hp pokemon 50% or less

General Rule untuk HP

Near/Maximal Ev distribution for hp perlu jika ingin memberikan bulk pada pokemon dengan base hp yg rendah

Contoh: 252 hp pada rotom merupakan pilihan yang logis. Mengingat base hp rotom hanya lah 50

Sedangkan untuk memberikan bulk pada pokemon dengan base stat hp yang tinggi, distribusi hp sebaik nya diberikan ke defense dan atau special defense

Contoh:

196+ Atk Gyarados Hydro Vortex (160 BP) vs. 252 HP / 4 Def Drifblim: 259-306 (100.7 - 119%) -- guaranteed OHKO

196+ Atk Gyarados Hydro Vortex (160 BP) vs. 4 HP / 196 Def Drifblim: 189-223 (83.6 - 98.6%) -- guaranteed 2HKO

Pada contoh pertama memberikan maximal hp kepada drifblim tidak bias menyelamatkan nya dri z waterfall gyarados. Sementara contoh ke 2, dengan 4 hp dan 196def gyarados tidak dapat OHKO drifblim dengan Z move nya. Hal ini dikarenakan drifblim memiliki base hp yg tinggi sementara defense nya rendah

 

Contoh pertama. 252 hp + 4 def  = 256 EV

Contoh kedua      196 Def + 4 hp = 200 EV

Selain anda menghemat 56 EV, dengan distribusi seperti ini gyarados tidak akan OHKO drifblim. Hal yang sama tidak dapat dicapai dengan spread 252/252 kecuali anda menginvest 252 hp dan 252 defense. Dengan memberikan 252 hp dan 252 defense kepada drifblim dari sisi physical jelas lebih bulky, tapi pada stat lain drifblim tidak mendapat banyak manfaat. Sementara dengan spread kedua yg hanya menggunakan 200 EV anda masih memiliki sisa 308 EV yg dapat di distribusikan di attack, special defense dan speed

Custom Spread

252 SpA Life Orb Tapu Koko Thunderbolt vs. +1 4 HP / 228 SpD Drifblim in Electric Terrain: 190-226 (84 - 100%) -- 6.3% chance to OHKO

196+ Atk Gyarados Hydro Vortex (160 BP) vs. 4 HP / 196 Def Drifblim: 189-223 (83.6 - 98.6%) -- guaranteed 2HKO

Generic 252 Spread

252 SpA Life Orb Tapu Koko Thunderbolt vs. +1 252 HP / 4 SpD Drifblim in Electric Terrain: 260-307 (101.1 - 119.4%) -- guaranteed OHKO

196+ Atk Gyarados Hydro Vortex (160 BP) vs. 252 HP / 252 Def Drifblim: 177-208 (68.8 - 80.9%) -- guaranteed 2HKO

Terlihat jelas perbedaan nya. Custom spread memang llebih inferior dalam menerima physical attack, tapi bisa dilihat Z waterfall gyarados sama sama 2HKO kedua variant spread . Tercapai balanced pada custom spread, bias survive dri physical maupun special attack. The samething cant be said to 252 spread.

 

OFFENSE

Attack/Special Attack adalah stat yg mengukur kemampuan pokemon dalam men dish out damage. Semakin tinggi offensive stat suatu pokemon semakin besar kemungkinan untuk OHKO lawan. Max investment pada offense sering kali tidak diperlukan, berikut adalah contoh dimana max attack tidak diperlukan

Max Attack Marowak

Offensive Calculation

Generic Marowak 252 hp/252+ attack / 4 def

252+ Atk Thick Club Marowak-Alola Shadow Bone vs. 4 HP / 0 Def Tapu Lele: 294-348 (201.3 - 238.3%) -- guaranteed OHKO –

252+ Atk Thick Club Marowak-Alola Shadow Bone vs. 252 HP / 20 Def Tapu Fini: 102-120 (57.6 - 67.7%) -- guaranteed 2HKO

Fadli’s Marowak 252hp/76+ attack/180 def

76+ Atk Thick Club Marowak-Alola Shadow Bone vs. 4 HP / 0 Def Tapu Lele: 246-290 (168.4 - 198.6%) -- guaranteed OHKO

76+ Atk Thick Club Marowak-Alola Shadow Bone vs. 252 HP / 20 Def Tapu Fini: 84-100 (47.4 - 56.4%) -- 85.5% chance to 2HKO

Tidak perlu memberikan maximal attack untuk net OHKO tapu lele. 76 Hp lebih dri cukup untuk melakukan itu. Baik max attack marowak atau marowak saya sama sama tidak bisa one shot tapu fini. Why put every EV into attack, while it doesn’t net you anywhere near OHKO ?

Defensive Calculation

Generic Marowak 252 hp/252+ attack / 4 def

252+ SpA Tapu Lele Psychic vs. 252 HP / 0 SpD Marowak-Alola in Psychic Terrain: 153-181 (91.6 - 108.3%) -- 50% chance to OHKO

Fadli’s Marowak 252hp/76+ attack/180 def

252+ SpA Tapu Lele Psychic vs. 252 HP / 180 SpD Marowak-Alola in Psychic Terrain: 126-148 (75.4 - 88.6%) -- guaranteed 2HKO

252/252 Spread bila melawan tapu lele in psychic terrain kemungkinan 50% akan KO sebelum bisa meng KO Lele karena Lele outspeed marowak

Tapi dengan spread marowak saya, Marowak 100% selamat dri psychic tapu lele dan bisa meng OHKO balik, bahkan spread ini masih bisa survive life orb variant tapu lele .

 

General Rule untuk Attack

  1. Pokemon dengan ability atau item yg bisa mendouble attack/special seperti marowak/mega mawile tidak memerlukan investasi maximal didalam attack. Hal ini juga berlaku untuk item seperti Choice Band atau specs, kecuali ada target spesifik yg hanya bisa di OHKO dengan max attack choice item.

 

 Misal: Memberikan max attack dan choice band kepada pheromosa untuk mencegah dan chance to OHKO bulky relaxed oranguru from setting up trick room

 

252+ Atk Choice Band Pheromosa U-turn vs. 252 HP / 188+ Def Oranguru: 182-216 (92.3 - 109.6%) -- 56.3% chance to OHKO

 

Max attack sekalipun barely OHKO oranguru. Jadi untuk kasus spesifik seperti ini, dimana dibutuhkan pokemon yg bisa one shot threat nya , mengurangi attack investment justru akan mempersulit tercapai nya target OHKO

 

Generally speaking, max attack/special attack dengan choice item bukan lah pilihan yang ideal, kecuali seperti kasus diatas. Mengingat choice item amplified your offensive stat by 1.5.  Begitu juga dengan pokemon yang memiliki offensive stat yg lebih besar dari pokemon kebanyakan. Max offense investment tidak selalu net OHKO. Jadi menurut hemat saya, jika anda menggunakan choice item baik band/specs atau pokemon dgn base stat offense yang besar , daripada memaximalkan stat offensive, lebih baik mendistribusikan EV ke stat yang kurang

 

Contoh

 

Generic 252  Xurkxitree

 

252+ SpA Xurkitree Thunderbolt vs. 28 HP / 44 SpD Arcanine: 118-141 (69.8 - 83.4%) -- guaranteed 2HKO

 

0+ Spa Xurkitree

 

0+ SpA Xurkitree Thunderbolt vs. 28 HP / 44 SpD Arcanine: 102-121 (60.3 - 71.5%) -- guaranteed 2HKO

 

Max special  attack xurkitree dan 0 Special Attack Xurkitree sama sama 2hko terhadap arcanine, padahal xurkxitree adalah pokemon dengan highest base stat special attack. Jadi seperti yang sudah saya tulis diatas dengan menggunakan hp dan defense drifblim sebagai contoh, suatu pokemon dengan stat yang menonjol, umum nya tidak perlu maximal investment di stat tsb

 

  1. Distribusi attack/specia; diberikan sesuai goal dan role pokemon tersebut. Jika role nya ada fast offensive physical attacker seperti pheromosa, near/maximal offense disarankan karena umum nya fast attacker terlalu frail untuk survive 2hko dri common attack. Jadi mendistribusikan sisa EV ke bulk kurang bermanfaat

 

  1. Jika role nya adalah bulky set up sweeper seperti swords dance garchomp. Attack yg perlu diberikan disarankan cukup untuk OHKO/ heavily damage target setelah set up. Tidak perlu max attack juga mengingat swords dance menggandakan attack

 

 

SPEED

 

Speed adalah stat yang menentukan seberapa cepat pokemon anda. Pada generasi sebelum nya bisa dibilang speed adalah stat yang paling penting , begitu penting nya speed di generasi sebelum nya sampai sampai ada ungkapan  “if you move second you die first” .Pokemon dengan base speed diatas 100 menjadi benchmark dan cenderung mendominasi. Pada generasi ke 7 ini, peran speed dikurangi untuk meciptakan battle yang lebih balanced, tidak imba. Base speed rata rata pokemon 7 jauh dibawah generasi sebelum nya, sehingga pokemon generasi ini disebut sebagai generasi aslowla. Karena itulah pada generasi ke 7 ini kita sering melihat pokemon yang tidak sangka sangka menggunakan choice scarf, mulai dari pheromosa yg merupakan pokemon tercepat di Alola sampai celesteela yang base speed nya rendah. Semua diberikan choice scarf karena peran speed dan speed tier tidak seperti generasi sebelum nya

 

Saya tidak akan membahas tentang speed tier dan speed untuk trick room pada kesempatan kali ini. Saya hanya akan membahas distribusi EV kedalam speed yg ideal dan penggunaan choice scarf , boosting moves and boosting item

 

Seperti stat stat lain nya, kita perlu mengetahui maksud pemberian speed kepada pokemon. Jika memang tujuan yang ingin dicapai adalah membuat pokemon secepat mungkin agar tidak kalah speed tie, jelas 252 speed + boosting nature adalah pilihan nya

 

Contoh: 252 speed jolly kartana

 

252 diberikan kepada kartana agar memaksimalkan speed kartana yang memiliki base speed 109. Max speed kartana memiliki speed yang sama dengan max speed ninetales alola, keadaan seperti ini lah yg dinamakan speed tie. Kedua pokemon memiliki speed yg sama, siapa yang bergerak terlebih dahulu seluruh nya ditentukan oleh keberuntungan. Jadi dalam kasus seperti ini distribusi maximal speed memang diperlukan. Lain hal nya jika kita menggunakan scarf kartana

 

Choice scarf menambah speed pokemon sebanyak 1.5kali total speed stat.

 

Contoh

 

252+ Speed kartana memiliki stat speed sebesar 178

Bila diberikan choice scarf, maka speed kartana menjadi 1.5 kali stat speed

178 x 1.5 = 267

 

267 lebih dari cukup untuk meng outspeed pheromosa, pokemon tercepat dalam game

Max speed pheromosa memiliki stat sebesar 223 , kartana dengan speed 267 menurut saya mubazir. Cukup untuk outspeed pheromosa, terlalu lambat dihadapan swift swim golduck. Dalam kasus kali ini max speed scarf kartana menurut saya membuang buang EV yang masih bisa di distribusikan kedalam speed lain

 

Contoh

 

12 speed jolly kartana = 144 speed

144 x 1.5 = 226

 

Kartana       = 226

Pheromosa = 223

 

Jika memang tujuan nya hanya untuk outspeed jolly/timid pheromosa , 12 speed lebih dri cukup ketimbang mengkonsentrasikan seluruh EV kedalam stat speed. Anda bisa menghemat 240 EV yg bisa anda distribusikan kedalam stat lain nya

 

252 Atk/ 12 speed Kartana Smart Strike vs. 4 HP / 0 Def Pheromosa: 160-190 (108.8 - 129.2%) -- guaranteed OHKO

 

Perhitungan ini juga dapat diaplikasikan kedalam item/moves yg menambah speed anda sebanyak 1.5 kali seperti adrenaline orb atau dragon dance

 

Jika anda menggunakan set dragon dance gyarados, 252 speed tidak memiliki manfaat yang banyak. Dragon dance menambah speed sebanyak 1.5x . Buat lah tujuan/target pokemon apa yang bisa anda OHKO dan atau outspeed setelah dragon dance

 

Contoh

 

Jika tujuan nya adalah OHKO max speed garchomp, distribusi speed yg diperlukan sekurang kurang nya 1 poin diatas max speed garchomp setelah dragon dance

 

Max speed garchomp = 169

 

Berarti sekurang kurang nya anda butuh speed stat 170 after dragon dance untuk outspeed garchomp.

 

100 speed gyarados = 114

 

114 x 1.5 (dragon dance) = 171

 

+1 76+ Atk Gyarados Ice Fang vs. 0 HP / 0 Def Garchomp: 220-260 (120.2 - 142%) -- guaranteed OHKO

 

Selain anda outspeed garchomp, kini gyarados juga bisa OHKO garchomp karena attack boost hanya dengan 76 stat attack. Ini adalah salah satu contoh yg bagus kenapa spread 252 seringkali tidak optimal. 100 + 76 = 176

 

Anda masih bisa mendistribusikan sisa EV sebanyak 334 EV ke dalam stat yang lain nya dan membuat Gyarados survive beberapa attack yg sebelum nya tidak dapat dicapai dengan 252att/252speed spread. Sesuai spread dengan target yang ingin anda buat. Jika ingin membuat gyarados yg mampu outspeed dan OHKO target yang lebih cepat dari garchomp seperti missal nya nihilego setelah dragon dance, silahkan tambah EV kedalam speed dan pastikan setelah dragon dance , speed stat anda lebih cepat drpd target yang anda buat. Target target inilah yang disebut dengan benchmark. Benchmark ini berlaku untuk semua stat tidak hanya speed saja.

 

Contoh berikut nya adalah speed after  tailwind. Tailwind adalah sebuah move yang menggadakan stat speed anda dalam 4 turn .  Buatlah benchmark  speed yang dapat anda capai setelah tailwind. 228 speed arcanine setelah tailwind lebih cepat 2 point ketimbang 252 modest chlorophyll lilligant in sun. Kalau memang ingin membuat arcanine yang spesifik outspeed modest lilligant 228 EV mampu melakukan nya, tapi jika target nya lebih rendah speed nya dri itu seperti misal nya pheromosa yang tadi sudah saya jelaskankan , 228 EV mubazir.

 

228 speed Arcanine = 144

252 speed Lilligant = 142

 

144 X 2 = 288 -àspeed arcanine setelah tailwind

288 speed ini lebih cepat dari max speed pheromosa, max speed tapu koko

 

Jadi distribusi EV speed disesuaikan dengan target yg ingin dicapai, tergantung benchmark yang anda set

 

PENUTUP

 

Sekian Mini Guide dari saya.  Saya mohon maaf bila ada kesalahan dalma pemaparan data atau penggunaan contoh yang kurang tepat. Optimizing EV tidak bisa dicapai dengan perhitungan matematika saja, tetapi juga membutuhkan pengalaman agar dapat membuat benchmark tersendiri. Penulis berharap dengan ada nya guide ini, dapat membantu trainer disana membuat spread yg dianggap ideal dan sesuai dengan selera tanpa harus mengikuti spread yg ditemukan online tanpa mengerti maksud dan tujuan spread itu sendiri. Cara terbaik jika tidak  memahami perhitungan matematika untuk pokemon adalah dengan system trial dan error di damage calculator yg bisa anda akses di http://www.trainertower.com/damagecalc/

 

Sedikit Tips untuk penggunaan kalkulator, angka yang anda masukan selalu kelipatan 4

Bila anda tidak memiliki pemahaman matematika akan perhitungan damage/speed anda bisa memasukan angka satu demi satu dan membandingkan nya

 

Contoh

 

252 SpA Life Orb Tapu Koko Thunderbolt vs. 252 HP / 4 SpD Buzzwole in Electric Terrain: 199-234 (92.9 - 109.3%) -- 56.3% chance to OHKO

 

252 SpA Life Orb Tapu Koko Thunderbolt vs. 252 HP / 8 SpD Buzzwole in Electric Terrain: 199-234 (92.9 - 109.3%) -- 56.3% chance to OHKO

 

Buzzwole dengan 4 SpD dan 8 Spd menerima damage yang  sama dri thunderbolt, kalau anda mendapatkan angka 252hp/8 spd ini dari hasil “menebak” atau memasukan angka random karena takmengerti, anda membuang 4 EV dengan percuma

 

Inilah guna dari damage calculator, untuk mendapatkan angka yang optimal dengan system trial dan error tanpa harus mempelajari perhitungan matematika yang njelimet.  252 bukan lah suatu hal yang salah dan menghasilkan auto loss. Tapi saya merasa custom spread adalah improvement dibanding spread 252 in most case